10 Tips Untuk Meningkatkan Semangat dan Motivasi Berlari


Seringkali para pelari mengalami kejenuhan atau seperti "bingung mau apa lagi" setelah sekian lama berlari. Nah, untuk mengatasi kejenuhan atau "kebingungan" itu, Bob Glover, pelatih di New York Road Runners, memberi kiatnya.

1. Berlari Bersama.
Sudah dipahami semua bila berlari bersama tentu lebih menyenangkan dibanding sendirian. Persahabatan bisa muncul. Masing-masing bisa saling menyemangati.

2. Cari Pelatih.
Kehadiran seorang pelatih atau paling tidak seorang konsultan sangat membantu. Dia bisa memberi masukan kepada Anda atau memberi komentar tentang latihan Anda.

3. Baca Buku Lari.
Bacalah buku atau majalah lari. Dapatkan banyak manfaat dari sana. "Saya suka membaca kisah pelari elit seperti Emil Zatopek atau Steve Prefontaine," ujar coach Gover.

4. Tonton Perlombaan.
Hanya dengan menonton lomba, bahkan dari tivi sekalipun, itu akan membantu memompa semangat Anda.

5. Cari Variasi.
Jika Anda melakukan suatu hal yang sama terus menerus mungkin akan membosankan. Carilah variasi. Bila tengah pekan Anda berlari di trek, maka akhir pekan cobalah di jalan raya. Atau bila tengah pekan di jalan raya maka cobalah akhir pekan hill run atau trail run.
6. Pilih Lomba yang Tepat.

Tak mungkin Anda terus menerus dalam performa puncak. Karenanya pilih lomba, lalu berlatih, dan tuntaskan lomba. Setelah itu ambil jeda untuk beristirahat sejenak sebelum berlatih kembali.

7. Pilih Variasi Lomba.
Janganlah sepanjang tahun hanya diisi dengan lomba 10K atau full marathon. Sekali-sekali ambil lomba 5K. Berlatih serius dan rasakan bahwa berlari 5K dengan full effort bukanlah perkara mudah.

8. Jangan Terlalu Sering Ikut Lomba.
Berlomba terlalu sering membuat Anda keletihan dan mudah jenuh. Pilihlah lomba yang sesuai dengan target Anda.

9. Ganti Sepatu.
Bila Anda merasa tak ada perubahan dalam berlari cobalah ganti sepatu yang lebih ringan. Biasanya akan membantu Anda lebih mudah dalam mengangkat kaki.

10. Berikan Hadiah Kepada Diri Sendiri.
Bila Anda mencapai target yang sudah ditetapkan maka tak ada salahnya untuk memberi reward kepada diri sendiri. Ini untuk senantiasa memacu semangat dalam berlari. Reward bisa bermacam-macam seperti kaos lari, topi, kaos kaki, dll.
Mudah-mudahan kiat dari coach Glover bisa membantu semangat Anda. Namun yang terpenting semoga Anda tak sedang jenuh berlari.

Kredit Penulis : Andri Yanto – Runner’s Nations
Kredit Foto : @MaemRunningClub




No comments:

Post a Comment